Tahap Produksi Animasi 3D

Tahap Produksi

Praproduksi dilakukan sebagai tahap persiapan dalam pembuatan film animasi 3D. Tahap ini terdiri dari proses perencanaan guna memudahkan animator ketika memasuki tahap-tahap produksi yang akan berakhir pada tahap pasca produksi.

Tahap prapoduksi sebagai proses awal (persiapan) dalam bentuk pembuatan suatu animasi 3D mencakup unsur-unsur sebagai berikut.

- Ide dan Konsep 

Ide dan konsep dibentuk berdasarkan tujuan sekaligus sebagai motivsi dasar. Motivasi dasar bisa datang dari individu pribadi atau pihak lain. Ide harus memiliki keistimewaan, keunggulan, dan keunikan yang khas sehingga menarik untuk diangkat. 

Proses pencarian ide dan konsep serta gagasan untuk animasi yang akan dibuat bisa datang dari berbagai hal seperti kisah klasik, kisah nyata, legenda, dongeng, fantasi atau fiksi, dan lain-lain. 

- Skenario atau Scrip

Skenario atau Scrip identik dengan cerita rekaan tentang film yang dibuat dalam bentuk teks tulisan atau ketikan.Scrip berfungsi sebagai alat structual dan organizing yang dapat dijadikan referensi dan guide bagi semua orang yang telibat, Oleh karena itu, scrip harus jelas dan imajinatif. 

- Design Character (Sketsa Model Objek)

Design Character merupakan pencitraan dari karakter yang akan digunakan dalam film animasi. Proses design character (sketsa model objek) digunakan pada pembuatan sketsa dasar dari model yang digunakan.

- Storyline dan Storyboard 

Storyline bisa diterjemahkan sebagai inti dari sebuah naskah yang diambil dari gagasan utama naskah tersebut yang dibuat seperti alur cerita (gagasan penting dalam naskah tersebut). 

- Take Voice dan Music Background 

Take voice meruoakan proses dalam mendapatkan sound (suara) yang dibutuhkan dengan cara melakukan rekaman langsung dari objek karakter yang bersangkutan. 

Tahapan ini identik dengan proses pengambilan dan perekaman suara untuk mengisi suara karakter animasi.

- Animatic 

Animatic bisa diterjemahkan sebagai animasi dasar dalam pebuatan film animasi berupa gambaran-gambaran kasar menggunakan sketch yang minimum disertai dengan timing yang tepat.



 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma

8 Skema warna menurut Damaprawira

Program Counter