Pembuatan Animasi Gerakan Nonkarakter


Membuat animasi gerakan karakter maupun nonkarakter memerlukan proses melihat dan memahami tahap-tahap yang perlu animator ikuti.

berikut 6 gerakan Nonkarakter :

- Shooting Reference Video 

                             Contoh gambar Shooting Reference Video                            

Seorang animator akan merasa aneh, karena mereka harus mencoba merekam dan berakting sesuai dengan karakter yang sudah mereka desain, karakter yang sudah didesain akan disesuaikan dengan gerakan, emosi, dan bahkan jeda waktu setiap potongan gambar dari karakter yang dimainkan. 

- Key Pose 

 Contoh gambar Key Pose

Key pose dilakukan seorang animator guna mengambil setiap poin gerakan penting dari referensi video yang sudah direkam dengan membuat keyframe yang disesuaikan dengan waktu videonnya.

- Blocking

 Contoh gambar Blocking

Blocking dalam animasi 3D identik dengan membuat gerakan di antara gerakan awal yang sudah dibuat agar terdapat gerakan tambahan sehingga hasil animasinya sudah sampai pada keseluruhannya.  

 - Splining 

Prinsip blocking yang baik menghasilkan splining yang baik. Hal perlu dipahami adalah setiap perangkat lunak memiliki cara pengeditan yang berbeda tetapi dengan hasil yang masih sama.

- Smoothing dan Offset

Contoh gambar Smoothing dan Offset

Selain memperhalus dan mengubah setiap bagian key animasi yang telah ada, terhadap point paling penting dalam smoothing dan offset

Yang perlu diperhatikan seorang animator adalah hasil animasi harus berbentuk melengkung seperti garis yang ada, agar diperoleh hasil animasi yang baik.

- Adding Life 

Contoh gambar Adding Life

Tahap adding life pada animasi dapat dilakukan seorang animator dengan memasukkan suatu kehidupan di dalam karakter dengan cara menambahkan ekspresi seperti pergerakan pupil mata kehidupan, atau oun mulut yang terbuka dan tertutup.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma

8 Skema warna menurut Damaprawira

Pengukuran Bidang Pandang (Framing)