Desain jaringan lokal

• Perangkat keras (Hardware)


A. Komputer


Dalam penggunaan komputer yang di perlukan adalah salah satunya komputer server yang berfungsi mengatur segala kegiatan komputer lain yang berada dalam satu jaringan atau melewati jaringan.


B. Network interface card and ethernet card


Alat ini di gunakan untuk berhubungan antara komputer satu dengan lainnya menggunakan jaringan LAN (Local Area Network), kabel yang di gunkan adalah kabel UTP menggunakan konektor RJ45 standar konektor jaringan.


C. Hub dan switch


Perangkat ini berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lainnya menggunakan kabel LAN dan mengatur pengiriman data dalam jaringan tersebut.


D. Repeater 


Repeater berfungsi sebagai penguat sinyal apabila jarak antara komputer satu dengan lainnya berjauhan.


E. Bridge/Jembatan


Berfungsi sebagai pembagi jaringan, misalnya jaringan 1 maka apabila terdapat bridge maka jaringan tersebut dapat di bagi menjadi 2 buah jaringan.


F. Router 


Perangkat ini berfungsi hampir sama dengan hub dan switch akan tetapi fungsinya berbeda dalam mengatur data, router dapat memilih jalur yang terbaik dalam pengiriman datanya berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.


2. Perangkat lunak


A. Operating sytem 


Sistem operasi menjadi inti operasional dalam komputer. Terdapat beberpa jenis sistem operasi seperti : Windows, Mac OS, dan Linux serta lainnya. 


B. Bandwith


Dalam jaringan penggunaan bandwith biasanya tergantung dengan media transmisi yang di gunakan yaitu kabel.


C. Network Adapter Driver 


Program agar perangkat ini terdekteksi sebagai perangkat bagian dari komputer.


D. Protol jaringan 


Dalam jaringan juga di perlukan protokol yang berfungsi mengatur seberapa lama data bertahan, kelangsungan jaringan, nama jaringan dan pengatur lalu lintas data.


E. Perangkat keamanan jaringan


Sistem jaringan harus mempunyai sistem keamanan yang memandai sehingga terhindar dari penyalahgunaan pihak luar, misalnya injeksi virus yang mengakibatkan jaringan menjadi lambat dalam hal komputasi komputernya dan jaringan yang sibuk, serta aman dari peretasan jaringan atau di sebut juga hacker/cracker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma

8 Skema warna menurut Damaprawira

Program Counter