Tipografi

 1. Sejarah Tipografi 

Ilmu tipografi berkembang pesat sesuai dengan informasi dan komunikasi pada zamannya. Informasi yang disampaikan pada zaman Prasejarah lewat tulisan pada kayu, batu-batuan, tulang, daun, gua-gua dan sebagainya merupakan bukti bahwa adanya tipografi. 


Tahun 1800 sebelum Masehi merupakan perkembangan awal dari bentuk Silaba menjadi penulisan abjad. Penulisan abjad yang saat ini masih berkembang adalah tulisan Romawi. Perkembangan huruf sangat pesat pada abad ke-20, Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan komunikasi. 


a) Unsur Dasar Pembuatan Tipografi 


1. Variasi Huruf 


Variasi Huruf memberikan kepada perancang untuk mengekspresikan, membedakan, dan memberikan tekanan pada bagian bagian teks. 


2. Pengaturan Huruf 


Pengaturan Huruf pada komunikasi visual kadang kala ada kesenjangan perbedaan dalam segi ukuran bentuk dan gaya huruf. 


3. Penataan Huruf 


Kurang sesuainya pengaturan teks akan tampak kurang harmonis dan kelihatan kurang sempurna, sehingga pembaca enggan membacanya. 


4. Penegasan Tipografi 


Huruf merupakan sarana untuk membentuk kata-kata yang mengandung arti dan pikiran. Huruf merupakan petunjuk dan penjelas apa yang dimaksud sebagai simbol/lambang bunyi untuk komunikasi. 


5. Elemen Teks 


Teks merupakan seperangkat tanda yang ditransmisikan dari seorang pengirim pesan kepada seorang atau masyarakat sebagai penerima pesan melalui medium tertentu dengan kode-kode tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma

8 Skema warna menurut Damaprawira

Program Counter