Konfigurasi BIOS pada Komputer

A. Pengertian BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output Sistem. Program ini ditulis dalam bahasa assembly dan bertugas mengatur fungsi. Setelah itu melakukan perakitan komputer, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui dan melakukan konfigurasi BIOS.

B. Fungsi BIOS 

BIOS adalah sistem dan informasi yang diperlukan untuk konfigurasi tersebut disimpat dalam sebuah chip Complementary Mental Oxide Semiconductor (CMOS).

CMOS merupakan chip yang dapat digunakan untuk penyimpanan dengan sumber daya baterai yang terletak pada board sistem. Memori Chip CMOS dapat ditulis ulang sehingga memungkinkan upgrade BIOS, berikut fungsi BIOS.

 a. Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)

BIOS memberikan informasi yang spesifik pada perangkat keras yang terpasang dalam motherboard.

 b. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer 

Pengaturan konfigurasi BIOS dimanfaatkan oleh beberapa pengguna untuk meningkatkan kinerja komputer. Pengaturan ini sering disebut overclocking.

c. Memberikan Informasi Dasar pada Kompuer

Selain menjalankan perintah POST dan mengatur konfigurasi dasar pada komputer, BIOS juga bertugas memberikan informasi dasar mengenai bagaimana  interaksi tiap-tiap perangkat penting yang terdapat pada komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugas membuat sistem oprasi. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma

8 Skema warna menurut Damaprawira

Program Counter